Olahraga untuk Kesehatan Tulang Belakang (Bagian 2)

Olahraga untuk Kesehatan Tulang Belakang (Bagian 2)

Golf
Golf merupakan olahraga yang aman daripada yang orang pikirkan, jika dilakukan pemanasan dan peregangan yang cukup. Lakukan peregangan otot pinggang sebelum memulai permainan. Ketika mengayunkan tongkat di lapangan, tekuk lutut anda sedikit, dan jangan memutar pinggang Anda. Kemudian, pindahkan pusat keseimbangan tubuh anda dari satu kaki ke kaki yang lain sehingga tungkai, kaki, dan pinggul dapat menyerap goncangan yang mengarah pinggang. Dan jangan pula mengayun terlalu cepat.

KHUSUS bagi yg sudah sakit pinggang Atau pasca operasi tulang belakang bawah, olahraga golf walau pun tidak dilarang absolut, namun kurang direkomendasikan, karena gerakan SWING pada olahraga golf dapat memperlemah sendi dan bantalan tulang belakang,sehingga jangan memjadi olahraga rutin.

Tenis, Yoga, Aerobik dan Bulutangkis

Tenis
Cedera dari bermain tenis tidak dapat diabaikan. Apabila petenis memiliki spinal stenosis (penyempitan cerobong saraf tulang belakang) atau masalah tulang belakang lainnya, olahraga ini bisa memperburuk gejala. Jadi, ketika melakukan servis, jangan melempar bola terlalu tinggi, dan tidak memutar pinggang anda. Saat menunggu bola jatuh ke lapangan, posisi tubuh harus sedikit menekuk tubuh. Ketika bergerak ke kanan atau kiri, posis harus menekuk lutut. Ketika mengayunkan raket, gunakan lengan dan bahu anda, bukan pinggang anda. Kemudian, gunakan seluruh tubuh untuk melangkah maju mundur.

Yoga
Risiko cedera dari yoga lebih rendah daripada kegiatan olahraga lainnya. Yoga adalah kombinasi dari peregangan, menjaga keseimbangan, dan latihan otot. Yoga membantu mengurangi sakit punggung dan memberikan ketahanan otot-otot pinggang. Tetapi beberapa postur yoga yang berlebihan menambah beban di pinggang, jadi penting untuk memilih postur yang relatif mudah untuk dapat lakukan di rumah.

Aerobik
Senam aerobik umumnya meletakkan beban pada pinggang. Tetapi sebaliknya, aerobik sederhana bisa menjadi latihan kardio yang baik untuk pinggang dengan peregangan otot. Dalam hal ini, penting untuk memilih kelas aerobik sederhana sehingga anda dapat menikmatinya.

Bulutangkis
Cedera saat bermain tenis tidak dapat diabaikan. Bermain bulutangkis secara teratur, dan tidak terlibat dalam permainan yang terlalu kompetitif/berat dapat sebagai alternative gerak tubuh. Yang perlu diperhatikan, jika tiba-tiba bermain bulutangkis setelah beberapa bulan non-aktif, berisiko mengalami gangguan bantalan tulang belakang. Lebih parah lagi, hal ini dapat memberikan regangan otot, sendi dan juga ligamen. Sehingga, harus melakukan pemanasan terlebih dahulu yang cukup sebelum permainan dimulai, dan melakukan peregangan setelah pertandingan berakhir. Jangan memutar pinggang anda terlalu banyak saat Anda mengikuti arah bola dan jangan meregang punggung berlebihan ketika Anda melakukan backhand.\

image : waterloogolf

keyword : Olahraga untuk Kesehatan Tulang Belakang (Bagian 2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*