Lumbal Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi di Pinggang

Untuk mengurangi atau menghilangkan ketergantungan pada obat-obatan penghilang rasa sakit, Metode Pengobatan PAIN MANAGEMENT sebagai alternatif terapi  tanpa operasi dapat menjadi rujukan bagi pengobatan nyeri tulang belakang akut dan kronik dengan mengurangi frekuensi dan intensitasnya. Kali ini saya akan membahas tentang Lumbal Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi di Pinggang.

Tujuannya adalah dengan cara “mematikan” sinyal rasa sakit yang dikirim ke otak. Sesudah tindakan, pasien akan diminta untuk beristirahat sejenak selama 2 jam di ruang pemulihan (Recovery Room) sebelum diperbolehkan pulang. Berkurangnya rasa nyeri dapat berlangsung antara 3 bulan sampai 1 tahun, bahkanpada penelitian Mulyawan (2016) lebih dari 80 % lebih dari 2 tahun. Namun, hal ini sangat bergantung pada kondisi ambang nyeri pasien & tingkat keparahan penyakit tulang belakang yang diderita.

Pada prinsipnya tindakan Lumbal Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi di Pinggang adalah memasukkan sebuah selang kateter  (racz catheter) ke dalam rongga epidural yang berada di luar saraf (cauda equina dan radix), mengarahkannya ke target saraf yang terjepit terutama di L4-L5 dan L5-S1 / sebagian sampai L2-L3 dan L3-L$, dan menyuntikkan obat penghilang sakit, obat anti inflamasi kronis/peradangan kronis, dan obat anti perlengketan saraf. Kombinasi ketiga obat ini diharapkan akan menyebabkan saraf terjepit ringan yang sudah kronis yang sudah lengket dengan sekitarnya untuk segera hilang nyerinya, lalu perlahan akan longgar kembali sedikit demi sedikit, dan dalam jangka panjang diharapkan akan bebas nyeri permanen. Lama tindakan kurang lebih 10 – 30 menit

Langkah-langkah Lumbal Epidural Neuroplasty

Langkah 1 : pastikan pasien memang mempunyai saraf terjepit  di daerah pinggang pada pemeriksaan ronsen, terutama MRI (magnetic resonance imaging) lumbosacral. Selanjutnya pasien diberi edukasi terkait rencana tindakan tersebut.

Langkah 2 : pasien disiapkan di ruang tindakan (biasanya di kamar operasi one day sevice supaya kesterilan tindakan terjamin) yang tersedia alat fluoroskopi C-Arm sebagai alat pengarah ke saraf terjepit ( C-Arm adalah alat ronsen khusus yang bisa dipasang di kamar operasi)

Langkah 3 : pasien diposisikan tertelungkup diatas meja operasi. Daerah punggung bawah kea rah anus disterilkan.

Langkah 4 : Dengan bantuan C-Arm dan zat kontras, dimasukkan jarum kecil spinal ke dalam lubang tulang sakrul (hiatus sacralis), setelah sebelumnya disuntikkan bius lokal agar pasien tidak merasakan nyeri.

Langkah 5 : dengan bantuan alat C-Arm dan zat kontras, dimasukkan alat kateter yang dinamakan Racz catheter yang ukurannya cukup kecil, melalui lubang jarum spinal tadi. Kemudian dengan bimbingan alat C-Ar, arah selang Racz catheter ditujukan ke lokasi target saraf terjepit di lumbosakral yang telah ditentukan. Semprotan at kontras lokasi mepastikan itu.

Langkah 6 : Disuntikkan 3 macam obat seperti disebutkan diatas di lokasi target. Baisanya pasien segera merasakan nyerinya hilang. Kateter kemudian ditarik dan dilepaskan, juga jarum spinalnya. Bekas tusukan ditutup dengan plester selama beberapa jam, lalu dilepas

Prosedur telah selesai dan pasien menunggu 1-2 jam sebelum dibolehkan pulang.

Komplikasi Lumbal Epidural Neuroplasty

Tidak ada tindakan yang sama sekali tanpa resiko. Namun demikian resiko dan komplikasi Lumbal Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi di Pinggang sangat jauh lebih ringan daripada tindakan operasi. Pada umumnya resiko terbesar (walaupun sangat jarang terjadi) adalah infeksi di bekas ttusukan jarum. Kemudian resiko alergi obat, jika psien mempunyai alergi terhadap ke-3 obat tadi. Tapi selain angkanya kecil, biasanya pasien sudah ditanya terlebih dahulu sebelumnya apakah ada alergi. Resiko jarum mencederai saraf, kejadian ini tidak pernah terjadi karena dilakukan oleh ahli bedah saraf yang kompeten. Karena juga ujung selang Racz catheter tumpul sehingga sudag dibuat untuk tidak mencederai saraf. Secara umum resiko-resiko tindakan PCEN sangat-sangat  rendah.

keyword : Lumbal Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi di Pinggang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*