Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi

Untuk mengurangi atau menghilangkan ketergantungan pada obat-obatan penghilang rasa sakit, Metode Pengobatan PAIN MANAGEMENT sebagai alternatif terapi non-bedah yang dilakukan tanpa mengiris bantalan (diskus), ligament atau sendi yang menyelubungi saraf tulang belakang, dapat menjadi rujukan bagi pengobatan nyeri tulang belakang akut dan kronik dengan mengurangi frekuensi dan intensitasnya. Disamping mengurangi nyeri, penatalaksanaan nyeri bertujuan untuk memberikan rasa nyaman, meningkatkan kualitas hidup pasien (seperti aktifitas sehari – sehari dan aktifitas seksual) . Tindakan ini merupakan One-Day Care Treatment yaitu tindakan perawatan satu hari pada  gangguan nyeri tulang belakang.  Kali ini saya akan membahas Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi

Tujuannya adalah dengan cara “mematikan” sinyal rasa sakit yang dikirim ke otak. Sesudah tindakan, pasien akan diminta untuk beristirahat sejenak selama 2 jam di ruang pemulihan (Recovery Room) sebelum diperbolehkan pulang. Berkurangnya rasa nyeri dapat berlangsung antara 3 bulan sampai 1 tahun, bahkanpada penelitian Mulyawan (2016) lebih dari 80 % lebih dari 2 tahun. Namun, hal ini sangat bergantung pada kondisi ambang nyeri pasien & tingkat keparahan penyakit tulang belakang yang diderita.

Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi umumnya ada 2 lokasi, satu untuk nyeri tulang belakang di pinggang/punggung bawah (lumbosacral) dan satu lagi untuk di leher (servikal)

  1. Epidural Neuroplasty untuk kelainan di pinggang (Lumbal Epidural Neuroplasty)

Saat seorang pasien nyeri pinggang baik terlokalisir, mau pun menjalar ke salahsatu kaki seperti pegal dan kesetrum di paha, betis atau kaki sampai jari-jari kaki  yang sangat mengganggu,  biasanya barulah pasien datang ke dokter. Jika ukuran, letak, dan keluhannya cocok untuk operasi, maka operasi (dengan teknik konvensional atau dengan teknik terbaru mikroskopik atau endoskopik) merupakan pilihan terbaik. Namun jika gambaran ronsennya ringan atau pasien belum mau operasi, ada alternative lain, yaitu tindakan Lumbal epidural Neuroplasty.

Pada prinsipnya tindakan Lumbal Epidural Neuroplasty di pinggang adalah memasukkan sebuah selang kateter  (racz catheter) ke dalam rongga epidural yang berada di luar saraf (cauda equina dan radix) di pinggang, mengarahkannya ke target saraf yang terjepit terutama di L4-L5 dan L5-S1 / sebagian sampai L2-L3 dan L3-L4, dan menyuntikkan obat penghilang sakit, obat anti inflamasi kronis/peradangan kronis, dan obat anti perlengketan saraf. Kombinasi ketiga obat ini diharapkan akan menyebabkan saraf terjepit ringan yang sudah kronis yang sudah lengket dengan sekitarnya untuk segera hilang nyerinya, lalu perlahan akan longgar kembali sedikit demi sedikit, dan dalam jangka panjang diharapkan akan bebas nyeri permanen. Lama tindakan kurang lebih 10 – 30 menit

  1. Epidural Neuroplasty untuk kelainan di leher (Percutaneus Cervical Epidural Neuroplasty)

Saat seorang pasien nyeri menjalar seperti pegal dan kesetrum ke salahsatu lengan dan jari-jarinya (satu sisi tubuh saja bukan kedua-duanya), bahkan dengan nyeri yang sangat hebat yang bisa membuat menangis atau menghentikan semua aktifitas rutinnya, biasanya pasien menyerah untuk segera berobat. Jika penyakitnya harus dioperasi, tidak ada pilihan lain, maka operasi (dengan teknik MISS  yang paling baik) merupakan pilihan yang akan menyembuhkan secara dramatis.

Namun tidak selamanya demikian. Ada penyakit saraf terjepit yang ringan namun nyerinya hebat, ada yang lokasi saraf terjepitnya sangat berbahaya jika dioperasi, ada juga yang harusnya bisa dioperasi namun usia dan kondisi tubuhnya tidak memungkinkan untuk dibius total atau dioperasi lama. Bahkan ada juga yang sudah seharusnya dioperasi, namun tidak punya keberanian, takut atau tak ada biaya yang cukup. Maka perlu ada alternatif terapi lain untuk mengatasi masalah ini. Salahsatu yang saat ini adalah PCEN (Percutaneus Cervical Epidural Neuroplasty)

Pada prinsipnya tindakan PCEN adalah memasukkan sebuah selang kateter ke dalam rongga epidural yang berada di luar sumsum tulang belakang di daerah leher, mengarahkannya ke target saraf yang terjepit, dan menyuntikkan obat penghilang sakit, obat anti inflamasi kronis/peradangan kronis, dan obat anti perlengketan saraf.  Kombinasi ketiga obat ini diharapkan akan menyebabkan saraf terjepit ringan yang sudah kronis yang sudah lengket dengan sekitarnya untuk segera hilang nyerinya, lalu perlahan akan longgar kembali sedikit demi sedikit, dan diharapkan akan bebas nyeri dalam jangka panjang, bahkan diatas 2 tahun.

Demikianlah penjelasan tentang Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi.  Semoga bermanfaat bagi masyarakat.

keyword : Epidural Neuroplasty, Penanganan Nyeri Tulang Belakang Tanpa Operasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*