Nyeri Tulang Belakang Setelah Mengangkat Beban yang Berat

Karena merasa kuat dan bahkan merasa berotot, kita sering kali dengan “sombong” atau menganggap hal rutin, mengangkat Beban yg berat. Apakah itu galon air, kursi jati, menggendong anak,atau latihan beban di gim. Sayangnya, nyeri pinggang bawah dan mengangkat Beban berat sering berkorelasi; karena timbul regangan pada tulang belakang lumbal , yang menyebabkan Nyeri yang hebat,bahkan mungkin tidak bisa bangun berhari-hari. Harus dipastikan bahwa rasa sakit yg muncul itu tidak mengarah kepada kondisi yang lebih serius daripada hanya keseleo / spasme otot punggung atau ligamen. Keluhan #nyeripinggangbawah dapat berupa sensasi nyeri intensitas ringan sampai perasaan kronis nyeri yg tidak hilang setelah berninggu-minggu. Nyeri bisa terasa di punggung atau pinggang bawah pada saat kita bergerak atau disentuh/ditekan. Jika terdapat Nyeri Tulang Belakang Setelah Mengangkat Beban yang Berat yg mengganggu selama beberapa minggu di tulang belakang Anda atau muncul mati rasa /baal/kesemutan di kaki, mungkin itu menandakan adanya masalah serius di tulang belakang.

Jika sampai terjadi kelumpuhan, atau kehilangan kontrol dalam berkemih atau BAB, itu adalah keadaan darurat medis dan kita harus mencari pertolongan medis segera.

Penyebab Nyeri Tulang Belakang Setelah Mengangkat Beban yang Berat mungkin disebabkan oleh sikap tubuh yang buruk atau teknik mengangkat beban yg salah.
Ketika kita mengangkat beban, ini.menambah tekanan pada tulang belakang yg diteruskan ke otot dan ligamen. Tambahan yang dapat menyebabkan spasme otot-otot, kelemahan pada sendi dan ligamen. Dan dalam kondisi ekstrim akan mencederai bantalan(disc) tulang pinggang. Dengan menjaga bahu kita stabil dan ikut terlibat dalam mengangkat Beban akan membantu menjaga kita dari pelengkungan berlebihan punggung kita. Selain itu ketika kita mengangkat beban berat juga harus melibatkan panggul kita dan menjaga jangan sampai terjadi hyperekstensi pinggang juga.
Umumnya, nyeri punggung akan berkurang atau hilang jika kita beristirahat berbaring dan menghindari kegiatan yang memberikan tekanan pada punggung kita selama 3-5 hari. Namun tentu berbaring harus dengan posisi tidur yang benar.
Jika dengan berbaring tidak mengurangi Nyeri secara signifikan, minum obat anti Nyeri yg dijual bebas mungkin bisa membantu. Jika ingin mengkompres, kompreslah dengan kompres dingin dulu bukan kompres panas.
Setelah itu disarankan melakukan beberapa latihan ringan seperti berjalan kaki untuk mengurangi spasme di daerah yang tegang,jika nyeri sudah agak berkurang.

Apakah orang yg sering Nyeri punggung bawah / pinggang boleh melakukan latihan angkat Beban di gym? Tentu tidak ada pelarangan absolut, hanya diarahkan pada posisi yg tidak menekan ke arah punggung, misalnya nengangkat beban dengan cara berbaring. Tetapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter anda.

Semoga bermanfaat untuk memahami Nyeri Tulang Belakang Setelah Mengangkat Beban yang Berat….

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*